Summary of Knowledge Management

Information flows but Knowledge Grows....


Knowledge Management
didefinisikan sebagai metodologi pengumpulan, pengolahan, dan penyebaran informasi secara sistematis. Pada dasarnya, knowledge management terdiri dari proses dan peralatan untuk mendapatkan, menyimpan, dan menyebarkan informasi secara efektif (Gabberty & Thomas, 2007; Sambamurty & Sumbranani, 2005; Hult, 2003; Nonaka; 1) Pada dasarnya, informasi yang akan d.i-publish harus mempertimbangkan empat dimensi informasi, antara lain relevancy, accuracy, timeliness, dan completeness. Keempat dimensi ini menunjukkan nilai dari informasi tersebut.

Salah satu contoh perusahaan yang menerapkan Knowledge Management adalah Ford Motor Company. Knowledge Management diimplementasikan melalui verifikasi produk (bagian dari pengembangan produk) dalam upaya mengurangi verification cost dan meningkatkan kualitas produk. Kesuksesan strategi perusahaan ini sangat tergantung pada keberhasilan implementasi Knowledge Management. Pengembangan produk di Ford Motor Company terdiri dari tiga tahap utama, antara lain :
1. Planning--Perusahaan melakukan survey ketertarikan pasar, pengaturan waktu, dan pembentukan tim engineering,
2. Design--Mendesain komponen, sistem, dan kendaraan sesuai dengan permintaan yang telah ditentukan, dan
3. Verification Process--Melakukan evaluasi pada desain dan dokumen, apakah sudah sesuai dengan permintaan.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Knowledge Management dan contoh implementasinya.


0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds